11.7.11

Tips Sehat Buat Anak Kost

Wah wah wah postingan apa ini...? Yo fren,,cuma sedikit pengen share tips-tips buat hidup sehat ala anak kost.
Jadi inget ma lagunya P.Project yang judulnya "Nasib Anak Kost"
Pernahkah engkau merasakan hidup di perantauan~
Menuntut ilmu untuk mencapai tujuan~
Hidup jauh dari kedua orang tua~
Hidup Prihatin Demi Masa Depan~
(Nasib Anak kost) tak pernah lelah mengikuti mata kuliah (ya nasib ya nasib)~
(Nasib Anak kost) rajin belajar agar hidup tidak salah yaw (ya nasib ya nasib)~

Aku makan tiap hari~
Kadang hanya makan mie~
Gimana gak kurang gizi~


Yup namanya juga anak kost, tinggal jauh dari orangtua. Gak ada yang urus hasilnya lama-lama jadi kurus. Tapi tinggal jauh dari orangtua artinya ortu sudah menganggap bahwa kamu sudah mandiri. Kalo gak percaya silakan tanya langsung sama ortu kamu deh.
Tinggal jauh dari ortu juga berarti klo kamu harus lebih memperhatikan kesehatan kamu  karena kamu akan hidup sendirian dalam waktu yang cukup lama dalam kemandirian. Terkadang anak kost sangat jarang memperhatikan kesehatan mereka terutama dengan gaya hidup yang kurang sehat. Padahal kan seharusnya faktor kesehatan sangat menunjang proses belajar. Tentunya kamu gak mau kan sakit saat menjelang Ujian Akhir Semester....?   Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan gaya hidup sehat. Nah berikut ane share tips hidup sehat ala anak kost :

1. Faktor Lingkungan Wajib Sehat.
Yup, ini merupakan faktor utama agar bisa hidup sehat. Saat memilih kost perhatikan keadaan sekitar kost kamu. Sebab di sinilah kamu akan tinggal untuk waktu yang lama. Periksa apakah :
   >> Matahari pagi mengenai tempat/kamar kost kamu
   >> Pemilik kost menyediakan tempat sampah khusus
   >> Apakah sirkulasi udara melalui ventilasi lancar
   >> Dinding kamar tidak lembap

2. Pola Makan Teratur dan Sehat
Meskipun terkadang gak bisa penuhi 4 sehat 5 sempurna akibat keterbatasan uang jajan tapi tetap pola makan kamu harus  teratur. Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit maag. Bahkan saat ini kebanyakan mahasiswa mempunyai penyakit ini. Kebanyakan mahasiswa juga mengandalkan mie instan sebagai pengganjal perut bahkan sebagai makanan sehari-harinya. Memakan mie instan tentu saja tidak sehat karena mengandung zat pengawet. Parahnya lagi sambil makan mie instan ditambahkan juga daging-daging instan seperti sosis. Perlu kamu ketahui kalo sosis itu mengandung banyak zat pengawet. Itulah mengapa sosis tahan lama di warung-warung.
Ingin makanan yang praktis dan sehat...? Coba deh kamu ganti mie instan dengan oatmeal.Cara bikinnya praktis dan kaya gizi dan serat dan pastinya terbebas dari MSG.

3. Pilih Cemilan yang Sehat.
Tidak dipungkiri bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, mahasiswa mengkonsumsi cemilan sebagai teman mengerjakan tugas. Milih-milih cemilan jangan cuma ngandalin rasa enak dan murah, tapi perlu juga dipehatikan kandungan gizi di dalamnya. Beberapa contoh cemilan yang sehat antara lain : popcorn dan biskuit dari susu dan gula alami, itukan lebih baik daripada makan kripik yang banyak mengandung kalori, minyak dan garam. Untuk minuman sebaiknya menghindari minuman bersoda. Ganti dengan susu, teh hangat, yoghurt atau pun jus buah.

4. Kamar Wajib Dibersihkan Secara Teratur
Ini dia yang ane sindiri blom bisa kerjakan. Tapi setidaknya jangan mencontoh ane. Mesikpun jauh dari ortu tapi kebersihan dan kerapian kamar wajib dijaga. Lantai terbebas dari debu dan rajin dipel tentunya akan membuat nyaman bila berada dalam kamar seperti ini. Langit-langit juga harus bersih dari sarang laba-laba. Gak mau kan kamar kamu dijuluki kamar yang angker.
Perhatikan gantungan pakaian kamu. Jangan biarkan pakaian bekas memenuhi gantungan itu apalagi samopai berserakan di lantai karena akan menjadi tempat nongkrong nyamuk. Cucilah pakaian secara teratur agar kamu gak kehabisan stok pakaian. Gak enak loh ngampus pake baju yg bau keringat naga.
Sediakan juga tempat sampah kering di dalam kamar agar kamu tidak membuang sampah kering sembarangan. Untuk sampah basah mending buang di luar kamar karena tidak enak dimakan dipandang.
Kalau perlu semprotkan parfum aroma terapi dalam kamar agar pikiran kamu bisa segar walaupun dalam kamar.

5. Tidur 6-8 Jam Perhari
Banyak Tugas...? Harus begadang...? Derita Loe Ini juga yang menjadi kebiasaan anak kost, yah mau diapain lagi klo sudah deadline...? Tapi sebenarnya inti dari permasalahan begadang adalah manajemen waktu. Kebanyakan mahasiswa malah menghabiskan waktu lebih banyak untuk kumpul-kumpul sama teman atau bermain game ria di depan laptop (eaaa gue banget...!!) sehingga mereka lupa waktu untuk mengerjakan tugas. Jangan sampai kamu membiasakan tidur larut malam bahkan begadang karena kebiasaan itu akan membuat kamu rentan stres dan tentunya mudah lelah. Bahkan secara kedokteran, begadang itu banyak bahayanya.

6. Olahraga
Rajinlah berolahraga mulai dari sekarang. Meskipun kamu gak bisa olahraga setiap hari karena kesibukan kuliah dan game yang semakin mencekik maka berolahraga lah di akhir pekan. Sebaiknya mengajak teman-teman untuk ikut berolahraga jadi kesehatan dan keakraban juga akan semakin terjaga.

7. Hindari Rokok
Mungkin saya tidak usah lagi panjang lebar mengenai masalah ini sebab dari SMA ane udah bosan dengar ceramah bahaya rokok. Yang jelas sampe sekarang ane bukan perokok aktif.
Buat Mahasiswa, bahaya rokok bukan hanya untuk kesehatan, tapi tentunya akan mempercepat habisnya uang jajan. Selain itu, kasihan mereka yang bukan perokok tapi menikmati asap rokok yang keluar. Jadi, sebisa mungkin hindari merokok atau setidaknya kurangi merokok.

8. Mandi 2x Sehari + Gosok Gigi
Mandi akan membuat kita menjadi segar karena dapat menghilangkan kuman-kuman dan debu yang menutupi kulit sehingga kulit menjadi segar menggunakan sabun akan membentengi kita dari serangan kuman dari luar. Jadi sederhananya mandi menjaga kita tetap sehat dari luar. Nah sambil mandi jangan lupa menggosok gigi (jadi ingat lagu di masa TK). Jangan sepelekan menggosok gigi secara teratur minimal 2X sehari. Sebab setelah semua gigi susu meninggalkan gusi, gigi selanjutnya sudah merupakan aset seumur hidup. Jadi rawatlah baik-baik agar kelak sampai usia 70 kita masih bisa makan nasi. Tahukan kalo lebih baik sakit hati daripada sakit gigi
Sampai sekarang ane masih sering sakit gigi (curhat)

Tidak sulitkan buat hidup sehat ala mahasiswa...? Jangan hanya membaca, tapi terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anak kos bisa juga hidup sehat meski pun jauh dari orangtua...

3 komentar:

  1. HIDUP mahasiswa!!!

    BalasHapus
  2. HIDUP...!!
    Mahasiswi juga HIDUP...!!

    BalasHapus
  3. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang gaya hidup mahasiswa
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3478/1/JURNAL_2.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus

Ocehan gue :