15.7.11

Kisah Nyontek Di SMA

Baco : Kenapa badak kukunya ijo...?
Becce : Hm....Apa ya...? Gak tau deh nyerah...
Baco : Biar bisa ngumpet dibalik pohon mangga....
Becce : Ah bohong lo...!! Mana ada badak ngumpet dibalik pohon mangga...
Baco : Gak pernah lihat kan...? Berarti badaknya sukses ngumpet dibalik pohon mangga...
wkowkowkowkwo

=======================================

Tebak-tebakan tadi gue nyontek dari SMS temen, gak tau juga dia nyontek darimana dan lebih-lebih gue gak tau tempat dia nyontek itu nyontek darimana. Kali ini gue mao flashback kenangan malam pertama SMA gue. Tepatnya waktu gue masih kelas 2 SMA waktu ulangan biologi. Gue sih udah gak ingat waktu itu materi ulangannya apa, tapi yang jelas yang luar biasa pada hari itu adalah :

1. Guru biologi gue makin botak sampai-sampai bisa buta kalo kena pantulan sinar matahari dari botaknya.
2. Udah tahu kalo ulangannya bakal susah, gue malah gak pernah buka-buka buku alias belajar.
3. Udah tahu kalo ulangannya bakal susah, temen-temen gue juga gak pernah buka buku.
4. Udah tahu kalo murid-muridnya gak pernah belajar sang guru malah memperketat pengawasan.
5. Udah tahu kalo temen-temennya gak ada yang belajar sang bangkai bintang kelas gak mau bagi-bagi jawaban.
6. Tercipta ribuan ide untuk nyontek dengan kreatif (padahal isi kelas cuma 30an gak sampe seribu)


Dua jam sebelum ulangan :
Gue bukannya gak mau belajar tapi gue malas aja baca buku yang tulisannya kecil + gak ada gambar-gambarnya. Emang sih di buku biologi itu ada banyak gambar, tapi yang gue liat cuma benda-benda antik yang berhamburan saat terjadi kecelakaan lalu lintas #jijik. Saat belajar pun sebenarnya sang guru selalu memberikan ceramah berkualitas diselingi cerita-cerita joroknya (namanya juga guru biologi, paling semangat klo bahas reproduksi katak). Cerita-cerita seperti ini dijamin bakal meresap di hati dan otak kotor siswa-siswa. Siswa-siswa cowo dengan semangat 45 treak-treak saat cerita "gituan" sedangkan siswa-siswi hanya bersungut malu-malu #nostalgila.
Dua jam ini dimanfaatkan para siswa untuk membuat contekan ala tahun 2007. Entahlah kalo cara nyontek ini akhirnya menjadi tradisi anak sekolahan, yang jelas gue gak pernah maksa buat ngikutin tradisi buruk ini apalagi bikin festival tahunan untuk cara nyontek kreatip. Itu semua gak bakal gue lakuin kecuali ada Undang-Undang yang mengeturnya. SUMPAH...!!

Gue gak tau persiapan nyontek teman-teman gue sampai ulangan dimulai.

"Deng Dooong"
Bel masuk pun berbunyi. Tak beberapa lama kemudian datanglah sang malaikat maut guru biologi dengan buku buku tebalnya yang gue jamin kalo buku-buku itu dipake buat gebukin maling, malingnya bakal geger otak atau bahkan ganti kelamin. Dengan suara serak-serak keplesetnya yang aduhai doi pun menyuruh siswa-siswanya yang berwajah pucat untuk mempersiap kertas dobel polio (mungkin dia latihan vokal dengan cara treak-treak di gunung Him-alay-a sampai dapat suara semacam itu). Soal-soal yang tiap hurupnya bikin pening kepala pun guru biologi gue bacakan bahkan soal-soal ini lebih rumit daripada ngotak-ngatik mobil tamiya. Soal-soal pun mulai dikerjakan dan itulah saatnya contekan beraksi...!!
Dari sini gue baru tahu kalo ternyata cara nyontek temen-temen gue sangat luar biasa bahkan bisa masuk Guinness Book of Record.

BATMAN NYONTEK BEGINS

Ini dia daftar nama nyontekers (bahasa Inggris buat tukang nyontek) beserta cara nyonteknya (ketahuan nyontek Lo...!!) :
1. i'Q'baL : Siswa paling keren di kelas gue.
Ah,,cara gue bisa dibilang sederhana kok. Di atas meja gue cuma ada lembar jawaban -yang sampe 20 menit kemudian belom ada coretannya sama sekali- dan selembar kertas putih tanpa coretan sedikit pun. Bahkan dalam laci gue cuma ada jimat polpen yang udah gak ada tintanya. Loh contekan gue dimana dong...? Rahasianya ada di kertas putih tanpa coretan itu.
Kok Bisa...?
Lah iya lah, di kertas itu sebenarnya sudah ada contekan-contekan gue yang sengaja gue tulis dengan polpen tanpa tinta. Caranya simpel, gue nulis jawabannya dengan tegangan tekanan tinggi jadi yang tersisa jejak-jajak tulisan gue. Hasilnya gue bisa nyontek dengan tenang.
Guru : (dengan nada serem) iQbaL, kertas apa itu di atas meja kamu...?
Gue : (dengan wajah polos tanpa dosa) eh...bukan apa-apa kok pa,,cuma buat coret-coret aja, nih liat pak gak ada tulisan apa-apa.
Guru : Oh...bagus (Pergi dengan rasa curiga)

2. Ic***n : Ketua kelas gue.
Doi duduk pas depan gue. Emang doi ini panutan bagi teman-temannya. Saat teman-temannya lagi asyik nyontek, dia pun nyontek dengan gak kalah heboh. Di atas meja gak ada kertas selain lembar jawaban. Di laci pun cuma ada golok cermin. Gue kira dia mau ngaca sebelum godain sang bintang kelas biar bisa dikasih jawaban, ternyata bukan itu fungsi si cermin. Yang gue perhatiin, disaat ada kesempatan, doi selalu ngarahin tuh cermin di bawah meja. Jadi pertanyaan tambahan buat gue "apa sih yang ada di bawah meja itu...?". Gue pun berhipotesis klo di bawah meja ada poto guru fisika yang aduhai cantiknya bikin siswa cowo nafsu semangat buat belajar fisika (Saran buat calon guru fisika, lo harus cantik biar siswa-siswa lo gak ngantuk klo ngajar, soalnya pelajaran fisika selalu bikin ngantuk bahkan geger otak). Ternyata hipotesis gue salah. Di bawah meja itu dia contekannya. Aneh bin ajaib, sebelum ulangan ternyata doi menuliskan materi-materi di atas kertas dengan lebar sekitar 5 senti doang tapi panjangnya alamak luar biasa. Tulisannya pun dengan tulisan terbalik (kek dikasi efek mirror gitu). Sesaat sebelum ulangan, kertas-kertas itu di lem di bawah meja.
Guru : (dengan nada serem) Ic***n,  kenapa kamu liat-liatin cermin trus...?
Ic***n : (tampang polos) gak pak, cuma mau tes cerminnya berfungsi apa tidak.
Guru : Lain kali klo mo ngaca di kepala saya saja...!!

3. T** : Anak pejabat, Kingkong di kelas gue.
Klo yang ini duduk pas belakang gue. Pas ulangan pun dia terlihat rileks banget. Tapi ternyata dia yang punya cara nyontek paling elit.
Gimana...?
Namanya juga anak pejabat, barang-barangnya pada kelas atas. Di zaman HaPe gue masih Nokia 6600 itu pun cuma HaPe second #curcol#, doi udah pake N76 n N92. Itu dia senjata rahasia doi buat nyontek. Jangan berfikir yang gue maksudkan senjata rahasia adalah doi mau nimpuk guru gue pake N92 dengan kekuatan super kingkongnya sampai pingsan.
Itu gak Benar...
2 jam sebelum ulangan doi kelihatan belajar dengan membaca materi-materi ulangan, pas waktu tinggal sejam doi kelihatan sibuk SMSan pake N92 nya. Pas ulangan baru gue tau, tadi itu doi gak sekedar baca-baca buku aja, ternyata doi rekaman, kek artis gitu rekaman lagu terus dijual dan dibajak. Hasil rekaman pun doi dengan lewat headset gigibiru. Dugaan gue tentang SMSan pake N92 juga ternyata salah, tau-taunya doi bikin catatan di HaPe yang satunya. Ternyata teknologi mempercanggih cara nyontek.
Guru : T**, kenapa dari tadi kamu maen HaPe...? Kamu punya contekan di HaPe kamu ya...?
T** : Tidak, Pak. Saya cuma pengen "like" status bapak di fb.
Guru : oh...thanks jempolnya...

4. Ni**r : Si Arab cabul. Paling cabul di kelas gue
Ini dia orang yang cara nyonteknya paling beresiko sekaligus kocak, bahkan dari 2 jam sebelumnya gue tau kalo dia lagi nyiapin contekan. Doi nulis contekannya di atas kertas biasa. Seperti sulap, materi se-BAB muat sehalaman itu. Tapi pas ulangan kertas itu gak keliatan. Gak ada di dalam laci apalagi di atas meja. Betul-betul seperti sulap. Gue pikir mungkin dia abis belajar sulap ama Mak Erot Deddy Corbuset.
Loh kertasnya kemana dong...?
Itu dia yang unik, ternyata kertas contekan itu doi lem di bawah lembar jawabannya. Jadi digeser kemana-mana contekannya gak bakal keliatan. Doi pun nyontek dengan damai. Namun, pas lembar jawaban dikumpul doi keliatan pucat.
Gue : Ni**r, lo sakit....? (sok perhatian)
Ni**r : Sial...!! Gue lupa nyabut contekan gue dari lembar jawaban.
Gue : wahahahahahaha,,lo spekulasi lupa nulis nama aja...

Dengan kecepatan onta gurun pun doi nyusul guru botak biologi gue. Untung gak ketahuan..
Itu dia cara nyontek masa SMA gue, gimana cara nyontek lo...?
#share

4 komentar:

  1. Haha.. Kalo gue sih standar2 aja catet di kertas trus diem2 nyontek deh, gak gokil kayak gitu.. :D

    BalasHapus
  2. WWWWWWWWWWWWWWWWWWOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

    BalasHapus
  3. gue pernah nyontek pake hp trs ketauan. itu pas ulangan biologi juga. pas kelas 2 juga lol. hp gue disita dan gue dikasih nilai 0. sialnya temen gue yg sama2 liat contekan di hp kagak ketauan. padahal dia duduk di depan gue dan duduk paling depan. gue gatau itu guru bener2 kagak liat apa gmn. kzl

    BalasHapus

Ocehan gue :