10.7.11

ARGHH....!! Ane Bingung Sama Komentar Blog ala Fesbuk (≥,≤”)a

Baru-baru ini ane coba-coba bikin kotak komentar ala fesbuk di blog ane. Awal mula bencananya dimulai pas ane browsing sana sini pake mbah Google di malam hari ketika bulan bersembunyi malu di balik awan dan nyamuk-nyamuk pun mulai memangsa setiap inci kulit ane. Dengan koneksi modem seadanya akhirnya ane ketemu ama postingan yang pas di  Blooga. Yah namanya juga newbie dan rasa ingin tahu yang besar sebagai remaja depresi akhirnya ane ikutin petunjuk pemasangan kode HTML-nya. Sebenarnya ane pusing sih liatin itu kode HTML. Menurut ane pencipta kode HTML merupakan merupakan seorang jenius yang masa kecilnya telah dianiaya mendalami kalkulus sehingga kita dapat melihat kode-kode yang rumit, teratur, dan butuh kemampuan khusus (semacam kemampuan melihat jin )
untuk bisa memperlajari kode HTML ini (maapin yah oom Tim Berners Lee). Ok, lanjut ke masalah pemasangan kode HTML dari kotak komen ala fesbuk itu (ane kan orang indo jadi gak usah sok kebarat-baratan). Pemasangan pertama : setelah pasang kode HTML-nya ane berdoa dulu sebelum klik bagian "simpan template"nya, dan JENG JENG JENG pemasangannya pun berhasil. Ane langsung cek ke postingan ane, dan TADAAAAA   kotak komentar fesbuk pun muncul tepat di bawah postingan. Dengan sedikit nari-nari sambil nyanyi-nyanyi ane pun mencoba mengisi kotak komentarnya dengan kalimat "check check testing testing" (kek orang lagi tes sound itu loh).
Loading....
1 detik....
2 detik...
3 detik...
4 detik...
5 detik...
tiba-tiba muncul massage box (baca : messej boks) bertuliskan "down - a temporary error has occured. Please try again later" yang kalo diartikan versi ane "alas datanya turun. sebuah sementara kesalahan telah terjadi. Tolong coba lagi nanti" versi English ke Indo-nya "database mengalami penurunan. Kesalahan sementara telah terjadi. Silahkan coba lagi nanti". Dari muka seneng muka ane tiba-tiba berubah suram   sambil berkata dongkol dalam hati "kenapa neh...?". Seperti tak mengenal kata menyerah ane coba lagi (katanya kesalahan sementara). 
Gagal...! 
Coba Lagi...!
Gagal...!
Coba Lagi...!
Gagal....!
Nunggu 15 menit sambil berdoa....Coba Lagi...!
Gagal...!
Anda Belum Beruntung...! Silahkan Coba Lagi...!
Coba Lagi...!
Mungkin di Kesempatan Selanjutnya...!
ARGHH....!! Udah kaya gosok-gosoh kupon undian teh gelas aja. Belum menyerah, ane bertanya ama mbah google,,tapi mbah google gak ngasih jawaban yang memuaskan.
Ane nyerah...!! Balik ke edit HTML trus balikin template ke dafault. Blog ane pun kembali sehat seperti sedia kala.
Esok harinya : entah ane mimpi apa semalam, pas bangun ane langsung nyalain laptop trus ngulangin bikin kotak komen si fesbuk. Dengan cara yang sama seperti kemarin, jari dan tangan ane pun beradu dengan mouse dan keyboard. 
Tak Tek Tok Tok Tok Klik semuanya pun lancar. Tiba lah saat paling mendebarkan dan bersejarah. Di bawah kotak komentar itu pun tertulis "check check testing testing". Ane pun jingkrak-jingkrak girang kek orang kesurupan di kamar sendirian. Sepertinya ane lagi di layar monitor kemudian di layar monitor tertulis "MISSION COMPLETE".
Happy ending....? Belum....! Tak beberapa lama kemudian ane pun nge-reload halaman tadi. Hasilnya KOMENTAR "check check testing testing" itu hilang. Loh...!?
Ane pun coba buat komentar lagi, kali ini cuma "....". Tulisan "..." itu pun muncul di bawah kotak komentar. Ane relog eh... ilang lagi....
Pusing,,Gerah, and rasa pengen banting laptop serta depresi bercampur aduk menjadi satu. Yang terus terucap dalam hati ane "SIAL...!! Percuma usaha ane...! Dasar ComBoAFesGaJaBiDes (Comment Box Ala Fesbuk Gak Jelas Bikin Depresi) Bangkrut...!!"
Siangnya, ane chatting di fesbuk sambil SMSan, ane curhat sama temen soal ntuh ComBoAFesGaJaBiDes. Temen ane pun jadi penasaran sama ComBoAFesGaJaBiDes dan akhirnya doi coba ngasih comment ke salah satu postingan ane. Komentar pun berhasil diterbitkan. Ane bilang "percuma,,pas kamu relog juga komentarnya ilang". Doi pun ngerelog halaman blog ane. Dan apa reaksinya...? "Ada kok..."
Melongo. Itulah ekspresi yang bisa diungkapkan wajah sok keren ini. Ane coba pke laptop ane hasilnya sama aja "gak ada komentar". Merasa dibegoin ane minjem laptop temen. Dengan koneksi cepat ala Speedy ANE PUN MELIHAT KOMENTAR-KOMENTAR itu di bawah postingan ane. Jadi pertanyaan yang sekarang muter-muter di kepala ane adalah "apa karena koneksi ane ya...?". Ane pun nyadar diri dan nyadar koneksi kalo ini bukan kesalahan dari si Blogaa, tapi murni dari koneksi modem.
Masalah udah beres...? BELUM...!
Mari kita lanjutkan...!!
Menyadari kekeliruan ane, ane berniat menghapus ComBoAFesGaJelBiDes itu dari blog ane. Dengan memperhatikan tutor pembuatannya ane pun menghapus semua kode HTML yang udah ane copas di template ane. "simpan template", ane pun menghembuskan napas terakhir lega.
Loading....
1 detik....
2 detik...
3 detik...
4 detik...
5 detik...
Template pun tersimpan. Ane yang udah harap-harap cemas membuka postingan ane dan TADAAAA "ComBoAFesGaJelBiDes" itu masih melekat hebat di bawah postingan ane. Ane cek lagi di HTML tapi memang udah kehapus semua....
^%$%^O&*^%@$!!!!!!
DEPRESI....!!!
Ane udah gak tau mau ngapain lagi. Langkah terkhir yg ane lakuin adalah memunculkan kembali kotak komentar dari blogger dan membuat postingan ini. Rasanya comment box classic masih yang terbaik. Smoga ada yang bisa ngasih solusi gimana cara melunturkan ComBoAFesGaJelBiDes itu....
Ada yang tau...? share di comment box dari blogger, jangan yang ada fasbuk-fesbuk-nya...

Update : Postingan ini telah menemukan solusinya... Baca Disini....

1 komentar:

Ocehan gue :