8.7.11

15 Hal Unik Tentang Albert Einstein

Semua orang tahu Einstein, siapa sich yang tidak tahu ilmuwan terbesar pada jamannya tau lebih tepatnya pada abad 20 tersebut. Dia memberi kita teori fisika yang sangat fenomenal yaitu teori relativitas atau kenisbian. Tapi apakah anda tahu kalau dibalik kecerdasannya, ternyata banyak hal unik yang iya alami semasa lahir sampai akhir hayatnya. 

1. Lahir dengan Kepala Besar
Einstein lahir dengan kepala besar yang umumnya cacat. Bahkan, begitu besarnya sehingga dokter khawatir dia mungkin menghadapi masalah mental, ibunya sampai-sampai menyangka ia cacat

2. Einstein ketika masih kanak-kanak susah sekali berbicara.
Sebagai anak kecil ia susah sekali berbicara, kalau berbicara ia sangat lambat atau terbata-bata, ini berlanjut sampai ia berumur 9 tahun.

3. Einstein di inspirasi oleh sebuah kompas
Ketika Einstein berumur 5 tahun terbaring di tempat tidur karena sakit ayahnya memperlihatkan kepadanya sesuatu yang menyulut minatnya pada sains benda itu adalah: Kompas.

4. Einstein gagal ujian untuk masuk ke perguruan tinggi
Dalam tahun 1895, pada usia 17 tahun, Albert Einstein masuk ke Swiss Federal Polytechnical School (Eidgenössische Technische Hochschule atau ETH). Ia lulus ujian matematika dan pelajaran sains, tapi gagal di pelajaran lainnya (sejarah, bahasa, geografi, dll)!, pernah ia masuk ke sekolah perdagangan tapi akhirnya kembali lagi ke ETH setahun kemudian.

5. Einstein mempunyai anak terlarang atau HARAM!
Mungkin karena aksen atau rambut dan rasa humornya, Einstein cukup digilai cewek pada zamannya. Pada tahun 1896, ia berteman dengan Mileva Mari, salah satu wanita pertama yang mempelajari fisika di Eropa. Hubungan itu segera berkembang menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda, dan pada 1901, Mari mengandung anak Einstein. Putrinya, Lieserl, lahir tahun 1902, setahun sebelum keduanya menikah. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada putrinya. Dia mungkin telah diserahkan untuk diadopsi atau meninggal pada tahun 1903.
6. Einstein Mempunyai hubungan yang buruk pada anak pertamanya
Setelah perceraiannya dengan istrinya, hubungan Einstein dengan anaknya hans Albert menjadi layaknya batu, Hans mencela ayahnya karena setelah memenangkan hadiah nobel ia htidak peduli lagi pada istrinya , sehingga mantan istrinya mendaptkan kesulitan finansial.
7. Einstein Menikahi Gadis Muda
Sesudah Einstein menceraikan Mileva (ketidaksetiaannya didaftar sebagai salah satu sebab untuk keretakan), dia segera menikahi sepupunya Elsa Lowenthal. Sebetulnya, Einstein juga mempertimbangkan menikah dengan Elsa’s (dari perkimpoian pertamanya) Ilse, tetapi dia berkeberatan.
8. Einstein, Pecinta Damai tetapi mendesak FDR untuk membangun Bom Atom, (Hasilnya, 2 bom atom jatuh di hiroshima dan nagasaki).

9. Otak Einstein diawetkan di Guci selama 43 Tahun.
Einstein meninggal pada tahun 1955, pada usia 76. Ia menolak operasi, dengan mengatakan pada dokter, "Saya ingin pergi saat saya inginkan. Adalah hambar untuk memperpanjang hidup secara artifisial. Saya telah melakukan tugas saya, sekarang saatnya untuk pergi, saya akan melakukannya dengan elegan.." Tujuh jam setelah kematiannya, otak ilmuwan itu dipindahkan untuk pengawetan selama otopsi, oleh pemeriksa Thomas Harvery, tanpa persetujuan dari keluarganya.

Harvey, yang melarikan diri dengan otak Einstein, kehilangan pekerjaannya. Ia mengambil otak itu dan membawanya saat pindah ke Wichita, Kansas, di mana ia berteman dengan William Burroughs. Lalu ia membawanya lagi saat perjalanan kembali ke Princeton, New Jersey. Pada tahun 1997, Harvey dan otak itu melakukan perjalanan kembali ke California untuk menyerahkannya ke cucu Einstein. Namun, cucu Einstein menolaknya, dan Harvey sengaja meninggalkannya di rumah itu.

Pada akhirnya, otak itu menemukan rumah baru di laboratorium Princeton di mana ia pertama kali dikeluarkan dari tengkorak ilmuwan besar itu.

10.  Tidak Bisa Mengingat Ulang Tahun
Orang terpandai di dunia itu tidak bisa diganggu dengan hal-hal sepele seperti membawa payung atau mengubah pakaiannya. Einstein terkenal memiliki ingatan yang mengerikan jika menyangkut hal-hal yang dianggapnya tidak penting, segala hal hingga soal ulang tahun. Suatu saat ia pernah menulis surat kepada istrinya Mari, "ucapan selamat yang terlambat atas ulang tahun Anda kemarin, yang saya lupa sekali lagi." 

11. Perempuan dan Perang
Pemikiran Einstein tentang perempuan di militer? Sederhana. Mengirimnya ke garis depan - itu akan membingungkan lawan. Dari esainya tahun 1931, The World As I See It, "Menurut pendapat saya, wanita patriotik harus dikirim ke depan dalam perang berikutnya, bukan laki-laki. Itu setidaknya akan menjadi hal baru di dalam kondisi kebingungan tak terbatas ini, dan selain itu - mengapa tidak seharusnya perasaan heroik itu menemukan yang lebih indah daripada menyerang terhadap warga sipil tak berdaya?" 

12. Kata Terakhir Misterius
Sebelum Einstein meninggal dalam tidurnya, Einstein mengucapkan kata-kata terakhirnya pada perawat Jerman. Sayangnya, perawat itu tidak mengerti bahasanya, sehingga kata-kata itu hilang selamanya. Pada saat kematiannya, fisikawan itu sedang menulis sepotong kalimat, yang berakhir tiba-tiba, "Nafsu politik, sekali mereka telah menyebar ke dalam api, meminta korban mereka ..." 

13. Einstein menolak jabatan Perdana Menteri Israel
Pada tanggal 9 November 1952, setelah kematian presiden pertama Israel Chaim Weizman, Einstein ditawari untuk menduduki jabatan Perdana Mentri oleh Pemerintah Israel, tetapi dia menolak tawaran tersebut karena ia merasa terlalu tua dan tidak memiliki cukup pengalaman untuk pekerjaan ini, alasan Einstein ditawari menjadi Perdana Mentri karena ia orang Yahudi yang sangat populer dan dihormati di kalangan orang-orang Yahudi.

14. Einstein tidak pernah memakai kaus kaki
Hal ini sangat aneh dan menarik tapi itu adalah 100% benar, Einstein tidak pernah memakai kaus kaki sepanjang hidupnya dengan alasan bahwa kaus kaki suatu saat akan berlubang, lalu mengapa harus memakai kaus kaki dan sepatu bersamaan kalau keduanya akan baik baik saja, pemikiran yang aneh.

15. Einstein dan penemuan kulkasnya
Sebagian besar orang berpikir bahwa Einstein hanya seorang ilmuwan teoritis, tetapi tidak banyak orang tahu bahwa ia memiliki pegangan yang sangat baik pada ilmu pengetahuan praktis. Menurut penelitian, Albert Einstein menemukan kulkas setelah menulis teori terkenal tentang Relativitas , tetapi sayangnya penemuannya tidak pernah masuk ke produksi.

Jadi, ternyata hidup seorang einstein penuh dengan hal-hal unik.
Habis Baca jangan lupa comment yah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ocehan gue :