9.7.11

Tips Memilih Kampus Favorit

Tadi pagi (9 Juli '11) saat ayam baru saja berhenti berkokok, penjual sayur udah rame berkeliaran depan kompleks asrama, dan warung depan baru saja buka (simpelnya jam 7), sambil keliling-keliling kompleks pake sepeda tmen tiba-tiba HaPe berdering dengan deringan gak jelasnya yang gak bisa ane ganti pke nada dering MP3 (yah dasar nasib HaPe Cina ). Ternyata SMS balesan dari junior ane di SMA yang ane lupa tadi malem. Dengan sedikit gerakin jempol ane baca tuh SMS. Yah...sebagaimana layaknya hubungan junior-senior ato lebih asyiknya dibilang ade'-kaka',,doi nanya ini itu tentang gimana ane waktu mo masuk kuliah . Akhirnya setelah SMSan ini dan itu akhirnya ane kasih dia tips-tips buat memilih kampus idaman. Sebenarnya bukan dari kepala ane nih tips tapi ane cuma pernah baca dari harian kompas yang habis d crop dari korannya trus ditempel di mading asrama. Nah, daripada cuma ane edarin lewat SMS dan SMSnya itu sampe 7 pesan sampe-sampe jempol pegal gara-gara ngetik SMS ane berfikir bagus juga buat postingan .
Tanpa banyak basa sampai basi lagi ane langsung ngasi tipsnya aja gan :


1. Ketahui dulu minat dan cita-cita kamu. Ini akan jadi pondasi ke arah mana kamu nantinya setelah lulus SMA. Kalau masih bingung kamu bisa minta saran sama teman, saudara, atau ortu soalnya terkadang saat kita bercakap-cakap dengan mereka kita mengatakan ketertarikan kita pada suatu pekerjaan, masa depan ato semacamnya yang mungkin kamu lupa.

2. Berminat pengen masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terserah, tapi kamu harus tahu info kampus yang kamu minati, bisa kamu cari di internet. Hari gini kampus mana sih yang gak punya website...?

3. Saat memilih jurusan, jangan terpengaruh oleh ortu atau pacar. Kan brabe tuh kalo kena Drop Out (DO) coz b'coz mata kuliah yang berat.

4. Pilih Program Pendidikan (Prodi) yang mempunyai prospek untuk terjun di dunia kerja.

5. Berapa lama studi tergantung pada pilihan Diploma atau Sarjana. Diploma dipersiapkan khusus untuk terjun langsung ke dunia kerja sedangkan Sarjana dipersiapkan untuk mengembangkan ilmunya (bisa lanjut S2)

6. Perhitungkan peluang untuk masuk kampus tersebut. Yang ini wajib diperhatikan kalo pengen masuk PTN, karena untuk masuk harus mengikuti tes SNMPTN. Ingat, bukan cuma kamu saja yang ingin masuk jurusan favorit, persaingannya bisa saja ketat. Contoh : kedokteran UNHAS. Kata orang-orang itu jurusan sejuta umat, peminatnya jutaan yang keterima cuma 100an.

7. Selidiki reputasi perguruan tinggi tersebut. Sama dengan nomor 2, kamu bisa cari tahu di internet. Bisa kamu tahu dari alumninya yang telah jadi "orang".

8. Sesuaikan kampus pilihan dengan kocek ortu. Tentunya kamu gak mau kan kalau kamu menjadi beban yang berat buat ortu...? Apalagi bagi kamu yang punya sodara yang kudu dibiayain juga.

9. Perhatikan mutu dosen. Ingat, standar dosen untuk saat ini adalah minimal S2 yaw....!! 

10. Perhatikan juga akreditasi prodi yang akan kamu pilih. Jangan sampai ijazah yang kamu dapatkan nantinya sia-sia karena prodi kamu tidak terakreditasi. PERCUMA DONG....!!

11.Cari tahu fasilitas kampus yang ada. Yang paling penting adalah jumlah kelas apakah seimbang dengan jumlah mahasiswa, perpustakaannya apakah cukup memadai. Fasilitas seperti WiFi tentunya sudah menjadi barang lumrah di kampus.

12. Terakhir, cari tahu apakah kampus tersebut termasuk kampus yang cinta damai. Maksudnya, apakah kampus tersebut sering terlibat tawuran atau apakah kampus tersebut sering melakukan kekerasan terhadap juniornya. Tentunya kamu kuliah untuk cari ilmu, bukan untuk serahin nyawa .

Nah sekarang sudah tahu kan cara yang bener milih kampus. Selamat milih-milih kampus favorit yah...

Jangan lupa comment/isi buku tamu yah ....

2 komentar:

  1. maap nii sekedar saran , diterima ga nya terserah .. Backgroundnya bagusnya di ganti noh , kalo warna putih cukup sulit buat baca tulisan yg tidak diberikan backgound tertentu ..

    BalasHapus
  2. @Tini : Makasih sarannya,,nanti dicarin deh BG yg lebih kontras sama tulisannya...

    BalasHapus

Ocehan gue :