3.8.11

Oh Jam Berapa ini....? (8 Tips Sehat Berbuka Puasa)

*BGP = Stasiun radio
Pendengar : Hallo Radio GaPuRa....?
Penyiar : iya betul, Radio GaPuRa di sini Radio Gagal Punya Selera...dengan siapa niiiy...?
Pendengar : Dengan iQbaL di rumah. Bole request gak...?
Penyiar : Boleh. Mau request apa...?
Pendengar : Tolong Puterin Azan maghrib dong...! Udah gak tahan niih...!!

Dialog diatas menunjukkan bahwa ketidawarasan gue kumat lagi. Entah sudah berapa kali gue niat mo masuk RSJ tapi selalu aja gagal di tes wawancara. Mungkin karena gue memang gak bakal cocok di RSJ. Entah kenapa pula disaat ramadhan gini usus gue serasa memendek. Mungkin dipelajaran biologi yang lo lihat usus itu panjangnya muter-muter tapi yang berbeda dari gue mungkin usus gue lurus aja dari lambung ke "tiiiiiiit" (*edited). Hasilnya, gue baru aja sahur tiba-tiba aja udah langsung mules, kebelet boker. Gak tau juga itu makanan cuma numpang lewat, nyetor gizinya apa kagak. SUMPAH gue gak pernah makan kulit duren obat pencuci perut...!!

Nah, di saat puasa gini benda yang paling sering gue pelototin sampe mata gue keluar lompat-lompat akhirnya nyerah minta tidur adalah jam dinding. Mungkin gak cuma gue yang lebay begitu. Tapi aneh juga tuh jam, semakin dipelototin semakin slow aja muternya. Mungkin senada dengan dialog gak jelas di atas, hal yang paling gue tunggu selama puasa adalaaaaaaahh (*BGM = suara genderang mau perang) Azaaaaan Magriiib . Gue bukannya gak sabaran tapi memang gue gak doyan nunggu untuk buka puasa (loh kan sama aja gak sabar...?). Dan tempat favorit gue buat buka puasa adalah diskotik mesjid dekat rumah gue, Kenapa gue milih mesjid...? Jelas aja bos, sudah jadi kodrat mahasiswa untuk berhemat dan tentu saja di mesjid tersedia kue gratisan dan tentu saja halal dan bergizi.
Ngomong-ngomong soal buka puasa yang gratisan, sehat, halal and bergizi, gue ada tips-tipsnya nihh. Cekidot :

1. Jangan pernah menunda waktu berbuka. Ngapain juga lo mau bergoblok-goblok ria nambahin waktu puasanya. Toh begitu beduk udah berdering bunyi langsung aja buka puasa. Gak usah mo dibilang jagoan bisa nahan puasa sampe abis taraweh apalagi sok jagoan depan cewe. Sama sekali gak nambah pahala puasa lo. Toh penyakit gak dicari datang juga apalagi klo emang pada dasarnya lo yang cari penyakit...!!


2. Begitu azan/bedug berbunyi minumlah secara perlahan, tepat senyap (kaya motto tentara gitu). Minumannya langsung ditelan, gak usah dikunyah apalagi dipake kumur-kumur kemudian telan (*jijik) . Hindari juga minum air es karena konon air es karena memperlambat kerja enzim sehingga lo bakal lupa makan bahkan kena penyakit maag.


3. Berbukalah dengan yang manis. Kalo buka puasa sebaiknya sambil liatin poto gue yang manis ini makan yang manis-manis karena tubuh sangat membutuhkan karbohidrat setelah berpuasa cukup lama. Makanan yang manis akan segera memulihkan kebugaran tubuh. Sunnah Rasul pun menganjurkan kita untuk memakan kurma atau jajanan lainnya yang manis-manis.


4. Konsumsi makanan yang lunak dan tidak berminyak. Setelah perut kita tidak menerima asupan makanan dalam waktu yang cukup lama otomatis organ pencernaan akan ada dalam mode standby/hybernate. Artinya organ pencernaan kita akan beristirahat. Sehingga pada saat berbuka dianjurkan tidak langsung mengkonsumsi makanan yang berat seperti nasi, linggis ato pacul karena akan membuat organ pencernaan kaget dengan masuknya makanan berat secara mendadak.


5. Berhentilah makan sebelum kenyang. *KRAUK KRAUK KRAUK.....!!! STOP...!! Gak usah rakus, makan buru-buru dan kekenyangan tidak baik bagi organ pencernaan yang baru saja selesai beristirahat.


6. Konsumsi makanan berat satu jam setelah berbuka. Gak usah makan linggis ato pacul, nasi +sayur + lauk aja cukup kok. Tapi bagusnya 4 sehat 5 sempurna 6 doyan.


7. Sesuai prolog gue di atas, buka puasa yang sehat, bergizi, halal dan tentu saja gratis adalah di mesjid. Sepertinya gak usah gue jelasin lagi soalnya udah gue bahas di prolog.


8. Berdoa sebelum buka puasa. Kalo yang ini sengaja gue tulis asal-asalan biar tipsnya cukup 8. Tapi bagaimana pun berdoa itu penting karena udah diajarin dari kecil sampe lo gede, dan doa ini paling digemari bagi mereka yang akan berbuka puasa.


Kalo lo punya pendapat lain silakan koment yah....

3 komentar:

Ocehan gue :