18.8.11

Membuat "like" Facebook Button di Tiap Postingan Blog

Cmlekuum blogger, reader, browser n komputer...
Kali ini cuma postingan tutor sederhana yang bisa lo tebak setelah baca judul postingan. Yup, like button facebook di postingan blog lo.

Fungsinya biar lo tau siapa-siapa aja pengunjung yang udah baca postingan lo. Selain itu, kalo postingan lo di like plus komentar, maka secara otomatis si pembaca yang memencet tombol like itu dengan kursor dengan cara mengklik kiri dan sedikit senyuman telah nge-link alias membuat tautan antara postingan lo dan akun facebooknya atau secara bahasa yang gak ngejlimetbekekbusetsimpelsesimpelsimpelnyanya* postingan lo dijadiin status sama si pembaca.
Like button ini juga gak berat-berat amat kok, jadi gak ada salahnya coba pasang di blog lo.
Caranya :
1. Masuk ke rancangan > Edit html
2. Centang "expand template widget"
3. cari kode <data:post.body/>, biar gak repot, cari pke ctrl + f atau F3
4. Kalo udah ketemu pastekan kode di bawah ini :

<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show-faces=true&amp;width=300&amp;height=60&amp;action=like&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:530px; height:60px'/>

Yang warna merah itu adalah ukuran lebar dan tinggi kotak komentar facebook yang muncul setelah pembaca nge-like postingan lo. Lo bisa atur sesuka hati. Nah kalo sudah beres silahkan Save Template.

Gampang kan...? Selamat mencoba...

3 komentar:

  1. wuuiih...hebatnye udah bisa buat itu.. :D

    BalasHapus
  2. aihh...ini buatan murni buatan sendiri, kan kode html.nya dari web lain...
    (^▽^)╯

    BalasHapus
  3. ga bs gan, ane dh ikutin tuh ajarannya tp tdk ada perubahan apa2??

    BalasHapus

Ocehan gue :