14.8.11

(GoVlog-Ramadhan) Tragedi Sahur Perdana di Asrama

Assalamualaikum...
Sebelum gue nulis postingan ini gue pengen share beberapa tips tentang apa yang sebaiknya dilakukan dan gak boleh dilakukan di waktu sahur. Cekidot :
1. Sebelum santap sahur bagusnya lo gosok gigi dulu. Soalnya saat tidur, mikroorganisme dari lambung bakal ngesot naik sampai ke mulut dan melahap makanan yang tersisa saat lo tidur. Lo gak mau kan kalo lo tanpa sadar udah makan kuman. Terserah mau pake odol jenis dan merk apa yang jelas jangan pake oli soalnya dapat merusak warna putih pada gigi.

2. Ingat cuci muka dan tangan karena selain memberi efek segar juga dapat membersihkan bekas iler di pipi selain itu cuci tangan akan mematikan kuman di tangan.
3. Oiya, jangan lupa cuci tangan pake sabun. Nah kalo yang ini sudah banyak iklan yang menyarankan. Tapi kenapa menurut gue itu wajib apalagi bagi cowo...? Soalnya pada saat tidur kita kehilangan kesadaran untuk sementara dan tentu saja lo gak sadar selama tidur tangan lo merayap kemana, terutama tangan cowo...!!! (*gue gak usah jelasin tangan itu merayap kemana aja kan...?")
4. Makan secukupnya gak usah berlebihan dan kunyah makanan sebaik-baiknya agar sari makanan itu terserap baik di lambung dan usus...? Gak sanggup ngunyah...? Minta dikunyahin aja...!!
5. Telan sepucuk kertas kecil yang bertuliskan "Cing, lo jangan rakus ya, gue lagi puasa. Lo juga puasa dong". Intinya lo atur perjanjian sama cacing dalam perut biar kagak rakus.
6. Jangan pernah sahur sambil pake lipstick, jangan makan sendoknya, jangan sambil nyanyi apalagi joget ngebor.
7. Setelah makan jangan mengelus perut. Loh kenapa...? Ada kabar bahwa seorang pria ditonjok karena setelah makan doi ngelus-ngelus perut gitu. Iya beneran ditonjok soalnya yang dielus-elus itu perut istri orang...!!
8. Sahurlah bareng keluarga.
=======================================================================
Ramadhan tahun 2009 adalah ramadhan paling tragis bagi gue. Maksud gue bukan karena banyak yang bolong-bolong gitu tapi karena gue betul-betul dihancurin sama yang namanya kuliah perdana alias jadi maba. Sebelum gue jauh cuap-cuap ini itu lo harus tau apa itu maba. Sebenarnya maba bukan hanya singkatan dari mahasiswa baru, tapi menurut ilmu "becek kepleset" yang pernah gue pelajari MABA itu dapat juga diartikan sebagai :
1. MAhasiswa BAsi : Mahasiswa yang udah 12 semester gak lulus-lulus. Dikenal juga dengan istilah MAhasiswa aBAdi.
2. MAhasiswa BAndel : Mahasiswa yang kerjaannya bikin rusuh di kampus.
3. MAhasiswa BAu : Mahasiswa yang jarang mandi kalau ke kampus.
4. MAhasiswa BAnci : Mahasiswa yang dari ujung kaki sampai ujung rambut bahkan cara bicara mengikuti gaya mahasiswi.
5. MAhasiswa BAjakan : Orang yang sering nongkrong dikampus biar dikira mahasiswa. Biasanya lagi ngincar-ngincar cewe di kampus tersebut.

Dari berbagai jenis maba di atas alhamdulillah gue masih termasuk mahasiswa baru dan belum terjerumus ke evolusi-evolusi defenisi maba di atas. Nah, gue yang notabenenya sebagai maba tulen harus menghadapi kenyataan pahit sepahit kopi hitam dicampur garam dan cuka tanpa gula bahwa semua kegiatan maba -ospek plus bina akrab- diadakan selama bulan Ramadhan. Pada awalnya sih gue rileks soalnya berdasarkan logika gue yang agak labil ini, kompeni-kompeni senior-senior yang ada di kampus bakal meredam amarahnya karena lagi puasa. Tapi ternyata, terjadi kesenjangan antara harapan dan realita yang terjadi. Gue melihat dengan mata kepala gue sendiri kawan seperjuangan gue sebagai maba balik ke asrama dengan tampang lesunya bagaikan zombie sehabis praospek (kebetulan di fakultas gue waktu itu gak ada praospek) . Gue pun sempat-sempatnya nge-interview doi :
*TG = Temen Gue
*SG = Si Ganteng
*Dialog berlangsung dengan dialeg bugis

SG : Beh...Kenapa ko...? (Lo kenapa...?)
TG : Sakit semua badanku'...
SG : Kenapa bisa...?
TG : Disuruh ka' push up 100 kali, na kenna to meka tamparan kalelawar
AARRRRGGHHH....!!! TIDAAAAKK....!!!   Mimpi indah buruk gue kini bener-bener menjadi mimpi yang sangat buruk. Jangankan 100 kali, 10 kali aja gue udah ngos-ngosan kek ibu-ibu yang baru aja selesai ngelahirin bayi kembar delapan. Gimana jadinya kalo sambil puasa...?
Waktu terus berlalu, kali ini gue ngerasain pertama kali buka puasa di kampung kota orang lain, gak lagi di mesjid dekat rumah gue lagi bareng bokap, gak ada lagi kue gratisan dari mesjid dekat rumah gue, gak ada lagi teh hangat buatan nyokap. Betul-betul berbeda, sepi, hambar. Hanya suara-suara cicak yang menghiasi dinding kamar gue malam itu. Tarwih pertama gue pun gue lalui dengan penuh duka cita. Bukan karena Pak Imam yang kelamaan tiap satu rakaat tarwihnya tapi gue gak ngerti isi ceramahnya yang selalu aja diisi dengan bahasa makassar yang asing menurut gue. Selain itu gue masih harap-harap cemas tentang apa yang terjadi besok.
Fikiran-fikiran gak enak itu menari-nari salsa di kepala gue sampai-sampai gue susah tidur mikirin "masih hidup kah gue besok...?". Sempat terfikir buat nulis surat wasiat tapi emang gue punya apa...? Yang gue punya saat itu hanyalah HaPe Komunikator, maksudnya HaPe buat Komunikasi plus kalkulator. Apalagi yang gue punya...? Gak mungkinlah gue mewariskan tahi lalat yang nongkrong dengan damai di atas bibir gue ke orang lain. "Ya Allaah, aku hambamu yang maha lemah, kuatkan lah hamba-Mu yang ganteng ini yaa Allah" Doa gue sebelum akhirnya terlelap dihajar mimpi.

KUKURUYUUUUKK....!!!!!
"Loh...? Suara ayam darimana tuh...? Di Asrama kan gak ada ayam...?" fikir gue dengan mata yang masih merem. Sh*t alarm sahur gueeee...!!! Gue coba intip jam di HaPe gue dan WTF jam sudah menunjukkan pukul 04.20 Waktu Indonesia bagian Parangtambung. LOHH ITUKAN SUDAH HAMPIR IMSAK...!? Gue langsung lompat dari kasur, gak peduli di pipi gue masih ada bekas ngiler ato kagak gue buru-buru sahur dan dengan lahapnya gue lahap rice cooker nasi plus lauk yang udah gue siapin buat sahur. Di sela sahur gue, gue berhenti sejenak. Sepi...gak ada suara keluarga-keluarga gue, gak ada TiVi, gak ada pacar (*nasib jomblo). Beda banget rasanya sahur tanpa keluarga. Nasi gue makan serasa nasi plus jarum, lauknya pun serasa makan tahu isi semut. Akhirnya gue selesai sahurnya, "masih sempat mandi wajib bikin teh nih" fikir gue.
Sambil minum teh tiba-tiba gue teringat sesuatu. Astagfirullah...!! Teman seperjuangan samping kamar gue si Ardi sama si Akmal belom gue bangunin. Langusng aja gue bakar gedor kamarnya.

"OIIII BANGUN OIII....!!! UDAH HAMPIR IMSAK...!!!"
belom bangun juga. Gue gedor lagi, lagi, dan akhirnya lampu kamar itu pun menyala.
(*ngeeeeekk-suara pintu terbuka) langsung gue tampar mereka bilang mereka kalo 5 menit lagi imsak. Ardi, temen gue yang matanya merem tiba-tiba aja melek...!!!
Ardi : Serius Lo....!?
Gue : Yaelah, masa gue bohong, muka-muka ganteng gini lo gak bakal bohong... (Gue buka ricecooker mereka) WHAT...!? Gak ada nasi...?
Ardi : Udah gue ada mie instan sama minuman sereal nih
Gue : Yauda gue masih ada sedikit nasi. Lo sama Akmal makan sana...!!

Selagi mereka nyiapin mie goreng instannya tiba-tiba dari langit terdengar suara
"NIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU"
Itu bukan suara ambulans atau mobil satpol PP yang habis razia waria tapi itu sirine dari mesjid pertanda imsak. Ekspresi kecewa tercoreng di wajah mereka seperti ekspresi cowo yang baru aja ditolak sama cewe idolanya, dah gitu si cowo digampar sama si cewe pake sandal jepit pas bibirnya lagi sariawan *SAKIT . Melihat ekspresi gak percaya kalau itu tadi sirine imsak, gue bilang sama mereka "AH...Itu baru peringatan, gue pernah dengar kalau menahan itu dimulai pas azan subuh" kata gue dengan teori seadanya. Entah gue dengar kata-kata itu darimana, mungkin dari ceramah-ceramah tapi sialnya gue selalu ogah-ogahan dengar ceramah yang jelas gue pernah dengar. Mereka pun meng-iyakan dengan kesoktahuan tingkat tinggi. Akhirnya mereka berhasil memakan mie goreng itu sebelum azan subuh.
Si Ardi yang sepertinya belum kenyang atau mungkin rakus melanjutkan menyeduh minuman serealnya. Harum aromanya bikin gue pengen juga. Refleks gue bilang "bagi-bagi ya..." dengan wajah sepertiga memelas. "Iya" jawabnya simpel.
Sang minuman pun diaduk-aduk, kemudian si Ardi sudah siap meneguknya. Gelas pun diangkat dan....
"ALLAHU AKBAR ALLAAAAAHU AKBAAAR"
Na'as, si minuman sereal pun gak jadi diminum. Gue sama si Akmal ngakak. Sumpah gue pengen ngakak guling-guling sambil cakar-cakar tembok. WAKWAKWAKWAKWKAWKAWKAK....
Dengan rasa sakit hati plus malu yang mendalam Ardi pun membuang minuman itu ke luar kamarnya
Hari itu pun gue lalui dengan riang gembira sakit hati karena hari itu gue dilindas habis-habisan sama senior gue di kampus sedangkan Ardi dan Akmal ternyata sudah merencakan gak ikut ospek hari itu.
~Semoga Bersambung~
=======================================================================================

9 komentar:

  1. eh... kuliah sesusah itukah mau masuk?? itu yg di maksud di suruh gundul itu pas Ospek apa wkt gmn? anak SMA kaga ngeh gue

    BalasHapus
  2. masuk kuliah memang susah-susah gampang, tapi banyakan susahnya sih. Ya wajib gundul kalo ospek, mo gimana lagi daripada palanya digosok pake bata...

    BalasHapus
  3. wah bang, anak temen mama gue *belibet* kena Skizofrenia setelah OSPEK, waduu jadi parno sama yang namanya ospek -,-

    BalasHapus
  4. *kaget
    sebenarnya tergantung sama universitas, fakultas, dan jurusan dimana lo kuliah. Sebelum ospek lo telusuri dlu sejarah ospeknya, cari tau ospeknya maen fisik apa kagak....?
    Ikut ospek sebenarnya baik kok, bahkan termasuk dalam 3 "waktu" yang gak terlupakan selama kuliah...

    BalasHapus
  5. hahaha... masa siih saling ngerjain gtu.. :( menyenangkan :)

    BalasHapus
  6. @MMK : ini bukannya saling ngerjain,,tapi emang tragedi...hahahaha

    BalasHapus
  7. mau komen apa yah...

    *mikir
    emmm...
    nice deh :D

    BalasHapus
  8. @Fathan : ngasih goceng juga gapapa

    @Sendiri : iya... :D

    BalasHapus

Ocehan gue :